Dosen Prodi Desain Interior Unilak Gelar Lokakarya Fotografi Inklusi Penyandang Disabilitas

Unilak Riau - Dosen Prodi Desain Interior Universitas Lancang Kuning Riau menggelar pameran fotografi, menariknya pameran ini melibatkan kawan kawan dari penyandang disabilitas yakni bisu-tuli (tuna rungu wicara).

Kegiatan pameran digagas dan dilakukan oleh Parlindungan Ravelino, S.T, M.Ds yang juga menjabat sebagai Kaprodi Desain Interior Unilak. Pameran fotografi bagi bisu- tuli merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi serta kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema kegiatan "Lokakarya Fotografi Interior dari KABARIN (Karya Bareng Inklusi)."

Kegiatan kali ini diadakan di Sejawat Coffee Pleasure di Jalan Kuantan 7 Pekanbaru, dilaksanakan praktek foto interior di coffeeshop tempat acara. Menurut Revalino, Lokakarya Fotografi Intertior Kabarin inklusi adalah inisiasi kolaborasi yang digagas oleh dirinya yang memberikan perhatian pada desain inklusi atau desain untuk disabilitas. 19 Januari 2023 lalu.

"Kabarin Fotografi Interior kali ini diikuti oleh 4 orang teman bisu tuli. Untuk materi dan ilmu fotografi diberikan oleh narasumber Barumun Nanda Aditia dan Fitria Hasanah dari Kawan Jalan Production, serta ditemani oleh mentor Santi Setyaningsih seorang aktivis bisu tulis dan Faqi Asnan, content-creator bisu tuli yang juga seorang fotografer." Revalino.

Dijelaskan Revalino dalam pematangan lokakarya fotografi ini ada beberapa tahapan yang dilakukan yaitu ceramah dan pemberian materi oleh narasumber, diskusi, praktek fotografi Interior di Sejawat Coffee, presentasi foto bersama mentor, pemilihan foto terbaik.

" Tujuan dari Kabarin Fotografi Interior adalah untuk memberikan skill ekonomi kreatif di bidang Fotografi, yang nantinya akan bisa menjadi modal untuk mencari penghasilan. Kita tidak berhenti pada kegiatan ini, kami telahg merancang kegiatan kedepan dimana pada bulan Maret 2023 akan mengadakan pameran Fotografi khusus teman Bisu Tuli." Ucap Revalino yang sering melakukan pengabdian kepada masyarakat ini.

 

 

Tuliskan Komentar